FORKOM EKS MENWA UI
FORKOM EKS MENWA UI
FORKOM EKS MENWA UI
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.



 
IndeksPortalMilisWebBeritaGalleryLatest imagesPencarianPendaftaranLogin
PARA ALUMNI DAN ANGGOTA RESIMEN MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA SILAHKAN BERGABUNG DI FORUM KOMUNIKASI INI ...
ANDA ANGKATAN APA?
Latest topics
» LENSA: 4 Cara Suap Resmi di Indonesia: Militer AS vs Militer RI
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime4/3/2015, 14:55 by uddin_jaya4

» SalamYonUI
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime4/3/2015, 14:27 by uddin_jaya4

» TEMU ALUMNI MENWA UI 2014
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime5/3/2014, 22:11 by suci.pratiwi

» KESAN: Pengalaman Sebagi Perwira TNI
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime5/10/2013, 17:18 by hanung sunarwibowo

» FOTO: LASARMIL MENWA UI 2010
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime7/6/2011, 14:57 by roy

» UCAPAN: Selamat Natal dan Tahun Baru
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime28/12/2010, 11:37 by Administrator

» jual kamera cctv 3G cam cuma 2,35jt aj
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime21/12/2010, 10:06 by toekang.modem03

» jual modem xtend pengganti supreme hrg terjangkau
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime21/12/2010, 10:02 by toekang.modem03

» ESAI: Negara Manakah Terkaya di Dunia?
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime1/9/2010, 01:56 by Administrator

» WEBINFO: Alamat Internet Situs Alumni MENWA UI
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime23/8/2010, 03:04 by Administrator

» WEBINFO: E-mail Alumni MENWA
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime23/8/2010, 02:32 by TESQSCAPE

» INTRO: TESQSCAPE
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime23/8/2010, 02:26 by TESQSCAPE

» LENSA: Pendidikan Bela Negara MENWA UI
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime23/7/2010, 06:50 by Administrator

» WTS: M1306 Black 300rb + PCI Serial + USB 3.0
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime20/7/2010, 11:28 by toekang.modem03

» KOSMOS: Semesta Kita Ternyata Hologram Raksasa
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime22/2/2010, 08:44 by Administrator

» HEBOH: KontroVersi Sekitar Buku "Membongkar Gurita Cikeas: Dibalik Skandal Bank Century"
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime11/1/2010, 20:47 by Administrator

» KASUS: Mengungkap Skrenario Di Balik Kasus Antasari - Rani - Nasruddin
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime11/1/2010, 20:41 by Administrator

» KASUS: Cicak VS Buaya | KPK VS POLRI: Skandal Bank Century dan Keterlibatan Para Petinggi Negara RI
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime11/1/2010, 20:37 by Administrator

» LENSA: KontroVersi MENKES RI: NAMRU-2 Alat Intelijen AS di Indonesia
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime4/1/2010, 08:33 by Administrator

» LENSA: KontroVersi Kabinet: Rahasia dibalik Bursa Pemilihan Para Menteri SBY
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime4/1/2010, 08:17 by Administrator

» KONTROVERSI: BALIBO: Pembantaian Lima Wartawan Australia oleh TNI di TimTim
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime4/1/2010, 07:22 by Administrator

» WTS: WaveCom Terlengkap Buat Server Pulsa
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime10/12/2009, 11:10 by toekang.modem03

» INFO ALUMNI: Tubagus Haryono Enjoy Urus Hilir Migas
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime15/10/2009, 06:50 by Administrator

» INFO ALUMNI: Tubagus Haryono Calon Kuat Menteri ESDM?
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime15/10/2009, 05:26 by Administrator

» INFO ALUMNI: Tubagus Haryono Dianugerahkan Tanda Kehormatan SatyaLancana WiraKarya
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime15/10/2009, 05:24 by Administrator

» LENSA: OutBound di Lingkungan MENWA UI
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime8/10/2009, 19:00 by Administrator

» INFOTEK: REAL-KILLER CELLULAR FIREGUN: Senjata Api Pembunuh Berbentuk PonSel
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime26/9/2009, 15:23 by EE ONE S

» INFOTEK: ANTICRIME CELL STUNGUN: Senjata BelaDiri Kejutan-Listrik Tegangan-Tinggi Berbentuk PonSel
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime26/9/2009, 14:45 by EE ONE S

» KULTUM: FITHR dan FITHRAH. Apa Ma'na Sebenarnya?
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime26/9/2009, 13:48 by EE ONE S

» UCAPAN: Selamat 'Iydul Fithri - Mohon Ma'af Lahir dan Bathin
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime26/9/2009, 07:52 by Administrator

» KULTUM: SHILATURRAHIMI: Kenapa? Untuk Apa? Bagaimana?
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime26/9/2009, 06:50 by Administrator

» DIKLAT: Terjun | AeroSport: Parachuting + Sky Diving
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime25/9/2009, 08:34 by Administrator

» LOGO: Forum Komunikasi Alumni MENWA UI
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime25/9/2009, 08:26 by Administrator

» INFO: Angkatan MENWA UI
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime22/9/2009, 18:35 by hanung sunarwibowo

» LAPOR: Hanung Sunarwibowo 1987: Calon Tamtama Baru
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime22/9/2009, 17:38 by Administrator

» INFO: Hari-Raya Lebaran | 'Iydul Fithri 1 Syawal 1430 H = 20 September 2009 M
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime16/9/2009, 17:49 by Administrator

» NEWS: UI Targetkan Beasiswa Capai Rp 40 Miliar
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime16/9/2009, 16:58 by Administrator

» LENSA: Wujud Nyata Toleransi Antar Umat Beragama
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime28/8/2009, 07:26 by Administrator

» DZIKIR: Muslim? Segera Dirikan Sholat. Waktu Tiba. Allah Tunggu Laporan Anda!!!
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime28/8/2009, 04:50 by Administrator

» ACARA: Buka Puasa Bersama MENWA UI 2009: Sabtu 05-09-09 16:00 WIB
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime27/8/2009, 20:26 by Administrator

» LAPOR: Arfan. Angkatan Rencong. Salam
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime27/8/2009, 20:13 by Administrator

» PUASA: Jadwal Sholat dan Imsyak Ramadhan Seluruh Wilayah Indonesia
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime23/8/2009, 12:27 by Administrator

» NEWS: Jakarta Kembali Diguncang Teror Bom 17-07-09
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime8/8/2009, 18:16 by Administrator

» INFO: Uang Pecahan Baru Rp 2.000
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime20/7/2009, 08:24 by Administrator

» UCAPAN: Met UlTah ... ... ...
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime19/7/2009, 21:38 by Mona Liza

» UNIK: A Very Special Time Forever: 12:34:56 07/08/09
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime19/7/2009, 06:51 by Administrator

» SERBA-SERBI: Sesal Dahulu Pendapatan. Sesal Kemudian Tak Berguna
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime18/7/2009, 10:10 by Administrator

» KONFERENSI PERS SBY: INFO BIN: SBY Akan Ditembak Teroris di Kepala
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime18/7/2009, 10:00 by Administrator

» LAPOR: Lapor Juga: Mona Liza Merpati ...
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime18/7/2009, 09:51 by Administrator

» LAPOR: Andra. Arjuna 96: Salam Kenal
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime18/7/2009, 09:49 by Administrator

Top posters
Administrator (383)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
uddin_jaya4 (48)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
EE ONE S (36)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
ben (29)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
hanung sunarwibowo (12)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
Dedy Afianto (10)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
Chandra Susanto (5)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
toekang.modem03 (4)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
Mona Liza (4)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
fanan (2)
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcapTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_voting_barTEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap 
Statistics
Total 113 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah rmochtar

Total 546 kiriman artikel dari user in 117 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 37 pada 14/8/2023, 20:30
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
May 2024
MonTueWedThuFriSatSun
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
CalendarCalendar
MILIS EXMENWA-UI

Untuk yang sudah bergabung



klik ikon diatas ini untuk
melihat pesan e-mail terakhir!



Untuk yang belum bergabung



klik ikon diatas ini untuk
menjadi anggota milis.
Berita Terkini
UNIVERSITAS INDONESIA


Provided By :
Administrator Forum EXMENWA-UI


Provided By :
Administrator Forum EXMENWA-UI


Provided By :
Administrator Forum EXMENWA-UI
Poll
Anda Angkatan Apa?
WALAWA | SATGASMA
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap7%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 7% [ 1 ]
Kalong
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap7%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 7% [ 1 ]
Garuda
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Rajawali
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Jaya IV
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap7%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 7% [ 1 ]
Yudha
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Ksatria
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Mandala
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap7%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 7% [ 1 ]
Elang
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Kobra
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap14%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 14% [ 2 ]
Lumba-Lumba
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Cakra
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Merpati
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap7%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 7% [ 1 ]
Kamboja
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Seroja
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Pasopati
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Bima
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Arjuna
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap7%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 7% [ 1 ]
Yudistira
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Kresna
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Nakula-Sadewa
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Gagak
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Rencong
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap14%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 14% [ 2 ]
Wira Makara
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap0%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 0% [ 0 ]
Lainnya
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_lcap29%TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 I_vote_rcap
 29% [ 4 ]
Total Suara : 14
Internet Banking
Iklan

 

 TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0

Go down 
PengirimMessage
Administrator
Administrator
Administrator
Administrator


Male
Banyak Pemposan : 383
Poin : 7728
Reputasi : 8
Sejak : 02.12.07
Predikat :
  • Alumnus
Angkatan Tahun : SATGASMA 1976—1982
Fakultas : FMIPA
Profesi | Pekerjaan : IT Consultant
Lokasi Domisili : Parung. Bogor | Sawangan. Depok
Slogan : Tiap sesuatu adalah unik

TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Empty
PostSubyek: TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0   TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 Icon_minitime30/6/2009, 13:54

KASUS PRITA DAN TEKNOLOGI MARKETING 2.0


TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0 1237186p
FaceBook.com


Senin, 8 Juni 2009 | 09:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dunia maya, kata kunci ”prita mulyasari” dan ”rs omni” kini sedang populer di mesin pencari. Kasus keluhan konsumen lewat e-mail pribadi itu memang memilukan yang berujung pada penahanan Prita Mulyasari. Terlepas siapa yang paling benar, dari pengalaman ini, tak ada pihak yang diuntungkan.

Prita Mulyasari (32), seperti terlihat di televisi, terguncang akibat penahanan ini. Pihak rumah sakit, di mata mesin pencari seperti Google dan Yahoo!, gugatan untuk menegakkan nama baik itu berbalik 180 derajat dari harapan.

Buka saja Google dan masukkan kata kunci ”rumah sakit omni internasional”. Hitung berapa komentar positif dan komentar negatif di situ.

Google sebagai mesin pencari favorit telah mengindeks ribuan dan mungkin nanti bisa jutaan kecaman. Tak ada harapan bisa memulihkan kecaman itu menjadi pujian. Mesin pencari akan abadi menyimpan arsip itu.

Jadi, selamat datang di dunia marketing 2.0. Kasus ini mengindikasikan, publik Indonesia ternyata melek internet dan siap menyongsong era baru. Suka atau tidak, bahasa baru marketing telah datang dan efektif bekerja.

Dimotori para netter dan anggota situs jejaring sosial, terutama Facebook, tampak nyata sifat dari marketing 2.0. Jeritan satu e-mail itu berkumandang di jutaan komentar dukungan pada Prita. RS Omni Internasional yang tak aktif di dunia jejaring sosial diasosiasikan sebagai ”orang luar”.

Teknologi marketing tak lagi menggunakan media konvensional. Marketing 2.0 justru bertumpu pada basis ”dari mulut ke mulut”.

Pemerhati marketing 2.0, Paul Beelen (www.paulbeelen.com), mengingatkan, tradisi word of mouth ini lebih berkuasa karena didukung para netter.

Mulut yang dimaksud adalah teknologi web atau menurut istilah pakar internet, Tim O’Reilly, sebagai web 2.0 yang merupakan generasi terbaru teknologi web interaktif seperti situs jejaring sosial, blog, RSS, dan lain-lain.

Kini, paradigma baru bukan lagi publikasi dari perusahaan, melainkan partisipasi publik. Jutaan orang merelakan waktu berjam-jam nongkrong di situs jejaring sosial untuk berbagi.

Data Nielsen NetView April 2009 menyebutkan, waktu yang dibutuhkan bersosialisasi di jejaring sosial nomor satu, Facebook, naik 700 persen dibandingkan dengan April tahun lalu. Twitter yang tahun lalu traffic-nya nomor lima setelah Facebook, MySpace, Blogger, dan Tagged, waktu yang dihabiskan user naik fantastis 3.712 persen daripada tahun lalu.


Ruang ”web”

Marketing 2.0 tak lagi menonjolkan iklan konvensional di publicsphere yang strategis, melainkan penetrasi websphere pada situs web dengan traffic tinggi. Tak hanya mengandalkan pembuat naskah iklan, melainkan pakar-pakar SEO atau Search Engine Optimization ulung.

Ahli marketing 2.0, Don Thorson, lewat situs donthorson.com menekankan materi iklan tak lagi sentralistik dari manajemen yang disaring humas ke konsumen. Materi marketing 2.0 beragam, bisa berasal dari siapa pun.

Humas tak punya kontrol atas iklan yang beredar. Memilukan jika sampai ada materi buruk beredar. Namun, begitulah semangat berbagi, mereka akan membicarakan baik-buruknya layanan produk yang ada.

Di era marketing 2.0, perusahaan tak bisa menghentikan konsumen membicarakan produknya. Menyakitkan memang, tetapi justru dari sini banyak peluang terbentang.

Jika mau berpartisipasi, strategi ini bisa mudah digunakan. Pesan bisa tersebar layaknya virus, inilah viral marketing yang telah membuat banyak perusahaan melek internet berjaya.


Lari ke internet

Sejak dulu para netter punya tradisi berbagi pengalaman pribadi atau mengulas produk. Ulasan atau komentar positif memang diyakini lebih efektif daripada iklan komersial.

Banyak orang terbantu dengan tulisan atau review orang lain. Membaca komentar orang lain sebelum membeli laptop kini sudah menjadi kebiasaan kita.

Orang-orang juga lari ke internet mencari segala sesuatu, misal terkait kesehatan. Konsumen makin pintar dan punya informasi yang dia peroleh dari membaca ulasan orang lain.

Jika komunikasi dokter bermasalah, ini bisa memicu iklan buruk dan siap-siap saja menuai komentar negatif.

Yakinlah, gugatan terhadap komentar negatif tak akan efektif memadamkan ”bola api liar” di internet.

Lalu, apa solusinya? Tak ada cara lain kecuali dengarkan dan berkomunikasilah. Bagaimana jika tak berhasil? Ingat kata dokter: lipat gandakan dosisnya.

Amir Sodikin

Sumber: kompas.com
Kembali Ke Atas Go down
 
TEKNOLOGI: Kasus Prita dan Teknologi Marketing 2.0
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» KASUS: Mengungkap Skrenario Di Balik Kasus Antasari - Rani - Nasruddin

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORKOM EKS MENWA UI :: FORUM BEBAS :: Wawasan Pemandangan :: Sains dan Teknologi-
Navigasi: